Saturday, February 16, 2019

Tata Homestay Wisata Dieng

GUNA memanfaatkan nilai tambah homestay (rumah penginapan) milik warga di Dieng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara terus menata desa wisata di Dieng. Desa wisata inimemadukan antara homestay dan paket budidaya tanaman khas Dieng yaitu kentang dan purwaceng.

Kepala Bidang Pemasaran dan Usaha Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar), Tien Sumarwati mengatakan, upaya penataan ini agar perkembangan homestay di Dieng semakin terarah. Sebab selama ini perkembangannya cukup pesat. Bila pada tahun 2007 baru tercatat 14 homestay saat ini sudah mencapai 29 rumah.

"Kita terus tata, agar homestay yang menjadi bagian dari desa wisata ini semakin baik. Mulai dari kebersihan dan kerapian. Agar keberadaan home stay mendukung promosi wisata Dieng, sehingga dikunjungi turis asing maupun domestik," ujar Tien. Ia mengatakan homestay pada desa wisata ini tetap mempertahankan keaslian rumah penduduk setempat namun kesan bersih dan rapi dapat tercipta.

"Agar lebih menarik kita memadukan dengan paket budidaya tanaman purwaceng dan ken-tang yang menjadi ciri khas ta-naman di wilayah ini. Sehingga wisatawan benar-bnar menikmati alam desa, disamping keindahan Dieng."


Comments